OTOMATISASI KANTOR (OA)
OTOMATISASI KANTOR,
mencakup semua sistem elektronik formal dan informal yang terutama berkaitan
dengan komunikasi informasi ke dan dari orang-orang didalam maupun diluar
perusahaan.
SISTEM ELEKTRONIK FORMAL, didokumentasikan dengan suatu sistem prosedur tertulis.
Diterapkan diseluruh perusahaan untuk memenuhi kebutuhan organisasi, mirip
dengan SIM.
SISTEM ELEKTRONIK INFORMAL, tidak direncanakan atau diuraikan secara tertulis.
Sistem-sistem OA ini diterapkan saat diperlukan oleh perorangan untuk memenuhi
keperluannya sendiri, mirip dengan DSS.
Para pengguna OA :
1. Manajer,
orang-orang yang bertanggung jawab mengelola sumber daya perusahaan, terutama
SDM.
2. Profesional,
menyumbangkan keahlian khusus yang membedakan mereka dengan sekertaris dan
pegawai administrasi.
3. Sekertaris,
ditugaskan oleh professional untuk melaksanakan berbagai tugas seperti
menangani korespondensi, menjawab telepon dan mengatur jadwal pertemuan.
4. Pegawai administrasi,
melaksanakan tugas-tugas untuk sekertaris, seperti mengoperasikan mesin
fotokopi, menyusun dokumen, menyimpan dokumen, dll.
APLIKASI OTOMATISASI KANTOR :
·
Pengolahan kata (word
Processing).
·
Surat elektronik
(electronic mail).
·
Voice mail.
·
Kalender elektronik
(electronic calendaring).
·
Konfrensi audio.
·
Konfrensi video.
·
Konfrensi komputer.
·
Transmisi faximile
(FAX)
·
Videotex.
·
Desktop publishing.
1. PENGOLAHAN KATA
Penggunaan alat elektronik yang secara otomatis
melaksanakan banyak tugas-tugas yang diperlukan untuk menyiapkan dokumen yang
akan diketik atau dicetak .
Pengolahan kata berkontribusi pada pemecahan
masalah dengan memungkinkan manajer menyiapkan komunikasi tertulis yang lebih
efektif.
2. SURAT ELEKTRONIK
Penggunaan jaringan komputer yang memungkinkan para
pemakai mengirim, meyimpan dan menerima pesan-pesan dengan menggunakan terminal
komputer dan alat penyimpanan.
Surat elektronik dimaksudkan untuk memecahkan
berbagai masalah yang terdapat pada telepon konvensional.
3. VOICE MAIL
Memerlukan komputer dengan kemampuan menyimpan pesan
audio dalam bentuk digital dan kemudian mengubahnya kembali menjadi bentuk
audio saat dipanggil.
4. KALENDER ELEKTRONIK
Penggunaan jaringan komputer untuk menyimpan dan
mengambil kalender pertemuan manajer. Manajer atau sekertaris manajer dapat
memasukkan pertemuan-pertemuan, membuat perubahan, meneelaah kalender itu
dengan menggunakan terminal keyboard.
Kalender elektronik sangat bermanfaat bagi
manajer tingkat atas yang yang memiliki jadwal pertemuan yang sangat padat.
5. KONFRENSI AUDIO
Penggunaan peralatan komunikasi suara untuk membuat suatu hubungan audio diantara orang-orang yang tersebar secara geografis untuk melaksanakan konfrensi. Conference call merupakan bentuk pertama konfrensi audio yang masih digunakan.
Daya tarik konfrensi audio :
1.
Biaya peralatan yang diperlukan berada dalam
jangkauan hampir semua perusahaan.
2. Orang-orang merasa santai berbicara di telepon.
3. Dapat disiapkan dalam beberapa menit.
Membuat konfrensi audio lebih efisien :
1. Orang yang mengorganisasikan konfrensi harus bertindak
sebagai moderator.
2. Jumlah peserta tidak terlalu banyak.
3. Salinan dari agenda konfrensi harus disediakan untuk para
peserta sebelumnya, mungkin dengan menggunakan FAX.
4. Jika peserta berbicara harus mengidentifikasikan dirinya.
5. Rekaman konfrensi harus disimpan.
6. Salinan kertas dari rekaman harus disiapkan dan dibagikan
kepada para peserta.
6. KONFRENSI VIDEO
Penggunaan peralatan televisi untuk
menghubungkan para peserta konfrensi yang tersebar secara geografis. Peralatan
tersebut menyediakan hubungan audio dan video.
Konfigurasi dasar konfrensi video :
·
Video satu arah dan
audio satu arah, sinyal video
dikirimkan dari satu tempat transmisi ke satu atau beberapa tempat penerima.
Co. : pimpinan proyek
yang menyebarkan informasi untuk beberapa anggota tim yang tersebar di beberapa
tempat.
·
Video satu arah dan
audio dua arah, kemampuan audio dua arah
memungkinkan orang ditempat penerimaan berbicara dengan orang ditempat
transmisi sementara semua orang melihat pada gambar video yang sama.
·
Video dan audio dua
arah, komunikasi berlangsung dua
arah. Cara ini merupakan penggunaan elektronik yang paling mahal.
7. KONFRENSI KOMPUTER
Penggunaan jaringan komputer untuk
memungkinkan para anggota tim pemecah masalah bertukar informasi mengenai
masalah yang akan dipecahkan.
8. TRANSMISI FAXIMILE
Penggunaan peralatan khusus
yang dapat membaca dokumen pada satu ujung saluran komunikasi dan membuat
salinannya diujung yang lain.
FAX berkontribusi pada
pemecahan masalah dengan membagikan dokumen kepada para anggota timpemecah
masalah secara mudah dan cepat.
9. VIDEOTEX
Penggunaan komputer untuk menampilkan pada
layar materi narasi dan grafik yang tersimpan
10. DESKTOP PUBLISHING
Penggunaan komputer untuk menyiapkan output
tercetak yang kualitasnya sangat baik. Tampilan layar persis sama dengan salinan
kertas yang akan dihasilkan oleh printer laser.
Aplikasi Desktop Publishing terbagi dalam 3
area :
·
Aplikasi
administratif, meliputi
dokumen-dokumen yang dimaksudkan untuk penggunaan interne perusahaan, seperti :
korespondensi, laporan.
·
Aplikasi teknis, meliputi materi pelatihan seperti slides, overhead
transparencies.
·
Grafik perusahaan, meliputi periklanan, brosur dan dokumen lain yang
dimaksudkan untuk digunakan diluar perusahaan.
Pengaruh Organisasi terhadap Paduan OA Manajer
Aplikasi OA
|
Perusahaan dengan 1 lokasi
|
Perusahaan dengan operasi yang terserbar
secara geografis
|
Kalender elektronik
|
Ö
|
Ö
|
Pengolahan kata
|
Ö
|
Ö
|
Surat elektronik
|
Ö
|
Ö
|
Voice mail
|
Ö
|
Ö
|
FAX
|
Ö
|
Ö
|
Konfrensi audio
|
Ö
|
Ö
|
Videotex
|
Ö
|
Ö
|
Konfrensi video
|
|
Ö
|
Konfrensi Komputer
|
|
Ö
|
Desktop Publishing
|
Ö
|
Ö
|
No comments:
Post a Comment